Kamis, 21 Maret 2013

Panahan Bertekad Juara Umum SEA Games Myanmar


Metrotvnews.com, Jakarta: Cabang olahraga panahan bertekad meraih empat medali emas di ajang SEA Games ke-27 yang akan dilangsungkan di Myanmar, Desember mendatang.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) I Gusti Nyoman Budiana, target di SEA Games Myanmar adalah meraih empat emas sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara umum.


"Target kita juara umum lagi. Dari 2007 sampai SEA Games terakhir kemarin, kita selalu keluar sebagai juara umum," ungkapnya, Selasa (19/3).

Seperti diketahui, pada SEA Games tahun lalu, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum panahan dengan menyabet empat medali emas dari 10 yang diperebutkan.

Adapun atlet peraih emas tersebut adalah Erwina Safitri di nomor perorangan recurve putri, I Gusti Nyoman Puruhito (perorangan compound putra).

Dua emas lainnya disumbangkan Erwina Safitri, Titik Kusumawardhani, dan Novia Nuraini di nomor tim recurve putri dan atlet Erwina Safitri dan Riau Ega Agata Salsabila di nomor recurve campuran.

Untuk memantapkan langkah di SEA Games Myanmar, para atlet panahan kini melakukan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Jakarta. Pelatnas panahan telah berlangsung sejak Desember.

Sebanyak 26 atlet dari yang sebelumnya 32 orang terus dipantau perkembangannya untuk dikerucutkan lagi menjadi 16 orang yang akan diberangkatkan ke Myanmar.

"Semuanya (pemilihan) melalui proses dari tryout dan hasil pelatihan sehingga benar-benar mendapatkan yang terbaik dari yang baik," ujar Budiana.

Merujuk kepada hasil tryout di ajang Grand Prix Panahan di Bangkok, Thailand, pada 9-15 Maret kemarin di mana atlet panahan Indonesia berhasil membawa pulang 2 emas dan 2 perunggu, Budiana optimistis mampu maraih titel juara umum di SEA Games Myanmar.

"Kalau melihat dari jumlah peserta dari 26 negara termasuk Jepang, China, India, dan sebagainya, ya, kita optimistis keluar sebagai juara umum lagi," tegasnya.

Dua emas itu diraih dari nomor recurve perorangan putri dan compound perorangan putri. Keberhasilan tim panahan Indonesia di nomor compound yang sebelumnya selalu didominasi Malaysia menujukkan bahwa perkembangan panahan Indonesia semakin membaik.

Namun, sambung Budiana, keberhasilan dan optimisme tersebut juga perlu didukung oleh pembinaan yang berkelanjutan serta kelengkapan peralatan yang memadai. Diakuinya kalau peralatan yang ada saat ini merupakan 'warisan' SEA Games tahun lalu.

"Tentunya juga (didukung dengan) uang saku," katanya.
(Haufan Hasyim Salengke)

Sumber : www.metrotvnews.com

Editor: Basuki Eka Purnama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar